Melalui Program Sepe Manise, Disdukcapil Dekatkan Pelayanan Kepada Masayarakat di Kelurahan

Metronewsntt.com,Kupang- Pemerintah Kota Kupang  melalui Dinas Kependudukan dan Catatan  Sipil (Disdukcapil) setempat  terus berupaya meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat dalam hal berkaitan dengan administrasi kependudukan (Adminduk) .

Upaya yang dilakukan dalam memberikan pelayanan secara langsung kepada masyarakat  yakni dengan cara jemput bola  dengan slogan  “Sepe Manise” (Selalu Peduli Manfaat Adminduk) yang dilakukan di 11 kelurahan yang ada di tiga kecamatan yakni Kecamatan Maulafa, Alak dan Kecamatan Kota Lama.

Kepala Dimas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Kupang, Angela Tamo Inya menjelaskan penerapan program Sepe Manise (Selalu Peduli Manfaat Admindu) untu optimalisasi sistem layanan administrasi kependudukan dan catatan sipil di Kota Kupang.

” Program ini sebagai upaya dalam mendekatkan pelayanan kepada masayarakat,  dengan latar belakang  masih rendahnya  cakupan  kepemilikan dokumen kependudukan, luasnya rentang kendali pelayanan, dan tersentralnya kepada kantor Dukcapil, akses tranparansi  yang masih minim (jarak tempuh yang jauh bagi sebagian masyarakat ke kantor Disdukcaoil),” jelasnya .

Selain itu, lanjutnya kurangnya pemahaman masyarakat tentang prosedur dan persyaratan kepengurusan adminduk,  kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kepemilikan dokumen kependudukan. ” Dan juga masih kurangnya nilai kepuasan masayarakat,” ujarnya.

Ia menambahkan, melalui program memiliki manfaat  baikan secara interen  yakni  mewujudkan sistem pelayanan adminduk dan catatan sipil dengan baik, mengembangkan program pelayanan yang dapat menjangkau semua lapisan  masyarakat, dan mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki untuk meningkatkan kualitas pelayanan adminduk dan catatan sipil.

“Untuk manfaat eksternalnya meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap instansi dan kepercayaan terhadap Pemerintah Kota Kupang  akan meningkat, meningkatkan pemanfaatan data kependudukan untuk mengakses pelayanan publik lainnya seperti layanan sosial, kesehatan, pendidikan, kepentingan demokrasi, maupun layanan lainnya. Serta efisien waktu dan biaya masyarakat karena menjangkau pelayanan di wilayah kecamatan masing-masing,” ungkapnya.

Sementara itu, Lurah Alak,  Marice Lasbuan usai kegiatan perekam di Kelurahan Alak, (7/8/2024) kepada media ini sangat  menyambut postif dan menyampaikan terima kasih atas layanan jemput bola  yakni Sepe Manise yang telah dilakukan Disdukcapil Kota Kupang. di Kelurahan Alak.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada Ibu Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil dan seluruh staf yang telah membantu warga Alak dalam kepengurusan Adminduk,” ujarnya.

Ia berharap melalui  program jemput bola ” Sepe Manise ”  semua masyarakat Kota Kupang dapat memiliki dokumen kependudukan secara lengkap.

Hal senada disampaikan Camat Alak Yulius Wilem Pally  dengan mengapresiasi dan berterima.kasih kepada Disdukcapil melalui program jembut bola ” Sepe Manise” masyarakat dapat mudah mengurus adminduk  dan sekaligus langsung menerima adminduknya baik  itu KTP,  Kartu Keluarga, akte dan yang lain yang berkaitan dengan dokumen kependudukan.

“Kami sangat berterima kasih melalui Sepe Manise masyarakat  lebih muda memperoleh dan cepat memperoleh dokumen kependudukan mereka,” katanya.(mnt)

Sumber : https://metronewsntt.com