Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore menerima sertifikat Sistem Manajemen Mutu SNI ISO 9001: 2015 dari PT Sucofindo (Persero), lembaga BUMN yang melayani Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2015 dan layanan jasa sertifikasi lainnya. Sertifikat yang diserahkan Direktur Komersial 1 PT Sucofindo (Persero) Herliana Dewi kepada Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore itu, berlangsung di Hotel Maya- Kota Kupang, Senin (9/3). Pada kesempatan itu Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore menyatakan rasa terima kasih atas peran PT Sucofindo (Persero) sehingga Pemerintah Kota Kupang mendapat sertifikat ISO.
“Dengan adanya sertifikasi SNI ISO 9001:2015, menguatkan komitmen Pemerintah Kota Kupang dalam memberikan pelayanan publik yang prima bagi kepuasan masyarakat Kota Kupang,” kata Jefri.
Ia menyatakan, Pemerintah Kota Kupang berkomitmen untuk terus berbenah dalam meningkatkan kinerja perangkat- perangkatnya secara bertahap, khususnya dalam hal pelayanan publik dengan manajemen mutu terstandar berdasarkan SNI ISO 9001:2015.
Sertifikasi ISO yang diterima ini mencakup tiga instansi, yakni pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Kupang dalam pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Akte Kelahiran, Surat Kematian, dan Surat Perkawinan.
Seketariat Daerah Kota Kupang, yaitu pada proses Pengurusan Kenaikan Gaji Berkala Secara Elektronik (E-KGB). Pada lembaga pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah S. K Lerik dengan ruang lingkup Pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD).
“Kita bertekad untuk menambah ruang lingkup pelayanan lainnya,” tandas Jefri.
Direktur Komersial 1 PT Sucofindo (Persero) Herliana Dewi mengatakan, masyarakat saat ini semakin selektif menuntut tempat pelayanan yang bersih, aman, nyaman dan kondusif dalam memberikan pelayanan yang dibutuhkan.
Selaku perusahaan dengan layanan jasa Sertifikasi, Inspeksi dan Pengujian, Sucofindo mendukung upaya Pemerintah Kota Kupang meningkatkan pelayanan publiknya dalam menjaga komitmen untuk menerapkan Sistem Manajemen Mutu SNI ISO 9001: 2015.
“Proses sertifikasi SNI ISO 9001:2015 ini membutuhkan waktu yang tak singkat,” ujar Herliana.
Proses diawali dengan perbaikan- perbaikan sesuai rekomendasi hasil audit. Setelah melewati seluruh proses dan tahapan audit yang dilakukan, ketiga lembaga tersebut dapat memenuhi seluruh persyaratan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015.
“Kami juga berharap Pemerintahan Kota Kupang dapat mengikuti dan mematuhi seluruh standar dan regulasi terkait, tetap semangat untuk continual improvement, dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, dan tetap berinovasi,” harap Herliana.
Ia berjanji akan selalu siap untuk mendukung Kota Kupang dalam lingkup sertifikasi dan jasa lain yang dimiliki lembaganya.
Kepala Badan Standarisasi Nasional (BSN), Bambang Prasetya jelaskan, Penerapan SNI ISO 9001 versi 2015 dapat mendukung tercapainya efisiensi dan layanan bermutu prima, sehingga dapat mendukung Kota Kupang sebagai kota penghubung untuk wilayah Indonesia TImur dalam mewujudkan smart city.
“BSN siap mendukung Kota Kupang melalui pembinaan mutu dan melakukan pendampingan,” ungkap Bambang.
Pada kesempatan itu dilaksanakan juga penyerahan Sertifikat Lead Auditor ISO 9001:2015 kepada sejumlah orang. Selain itu penyerahan piagam penghargaan kepada ketua dan tim ahli serta pengelola ISO 9001:2015 dan penyematan pin ISO kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang (Agus Ririmasse), Direktris RSUD S K Lerik (dr Marsiana Y. Halek) dan Kepala Bagian Organisasi Setda Kota Kupang (Hasan E. Nirwana).
Dilanjutkan dengan launching penerapan ISO 9001:2015 kepada perangkat daerah lingkup Pemerintah Kota Kupang serta perluasan ruang lingkup Penerapan ISO 9001:2015 yang ditandai dengan penandatanganan komitmen dan jadwal penerapan ISO 9001:2015, masing-masing oleh Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (,A. D. E. Manafe), Kepala Dinas Perhubungan (Bernadinus Mere), Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Frengky Amalo), Kepala Badan Pendapatan Daerah (dr. I. W. A. Wijana S. Putra, M.Si) dan Direktur PDAM Tirta Bening Lontar (Johanes S. Otemoesoe).
Sumber : http://www.suaraflobamora.com/