Dukcapil Kota Kupang Melakukan Sosialisasi Identitas Kependudukan Digital dan Penggunaan Mesin ADM Bagi Masyarakat

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang melakukan kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dengan Tema : Sosialisasi Identitas Kependudukan Digital dan Penggunaan Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) pada Hari Kamis, 20 Oktober 2022 bertempat di Suba Suka Resto & Cafe  Jl. Timor Raya Kelurahan Pasir Panjang Kecamatan Kota Lama Kota Kupang

Sesuai pantauan awak media Website Dukcapil Kota Kupang, kegiatan sosialisasi tersebut melibatkan pihak KPUD Kota Kupang, Bawaslu Kota Kupang, Para Camat Se Kota Kupang, perwakilan Tokoh Masyarakat/Tokoh Agama/Ketua RT/RW di Kota Kupang. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang Ibu Angela Tamo Inya, S.IP, MM membuka kegiatan sosialisasi tersebut secara resmi dan diikuti dengan pemaparan materi sosialisasi oleh Bpk. Ir. Hengki Manesi selaku Kepala Bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil Dinas Kesehatan, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi NTT serta dilanjutkan dengan diskusi/tanya jawab antara peserta dengan pemateri/nara sumber.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang Ibu Angela Tamo Inya, S.IP, MM dalam sambutannya menjelaskan bahwa saat ini Indonesia sedang menuju single identity bagi setiap penduduk melalui pemanfaatan nomor induk kependudukan (nik). Sudah sekitar 5.361 lembaga pengguna yang telah memanfaatkan data nik sebagai integrator dan verifikator data untuk semua jenis layanan publik. Inovasi yang dilakukan oleh Dukcapil merupakan hal penting yang perlu terus didorong karena tuntutan pelayanan prima (excellent service) dan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang kian pesat sehingga dukcapil perlu menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tersebut ungkapnya. Oleh karena itu melalui sosialisasi ini diharapkan masyarakat dapat mengikuti dan menerapkan layanan dukcapil untuk berbagai urusan publik, dimana saat ini sudah ada Identitas Kependudukan Digital dan ADM sebagai media yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk memenuhi dokumen kependudukan dan menggunakan identitas kependudukan digital untuk mengakses layanan publik. Upaya peningkatan sosialisasi terus dilakukan oleh dukcapil termasuk perbaikan kualitas pelayanan yang dilakukan secara kontinyu untuk membahagiakan masyarakat.

Perwakilan peserta sosialisasi lewat Camat Alak, Sekcam Kelapa Lima dan Tokoh Masyarakat memberikan apresiasi atas kegiatan sosialisasi Dukcapil Kota Kupang, juga mengharapkan dukcapil terus melakukan sosialisasi berbagai peraturan/regulasi kependudukan termasuk inovasi dan program kegiatan yang dilakukan untuk masyarakat  serta kerjasama dengan stakeholder terkait untuk mendekatkan pelayanan bagi masyarakat. Kami sangat mendukung kegiatan jemput bola pelayanan administrasi kependudukan bagi masyarakat yang sudah dilakukan oleh Dukcapil Kota Kupang, mari kita kerjasama untuk meningkatkan pelayanan kita bagi masyarakat, pungkas Camat Alak . Kegiatan sosialisasi ditutup dengan melakukan instal dan aktivasi aplikasi Identitas Kependudukan Digital bagi peserta sosialisasi.