Percepatan Pelayanan Adminduk Bagi Warga, Disduk Kota Kupang Bersinergi Dengan Para Camat

Pemerintah Kota Kupang, melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat menggelar rapat koordinasi (Rakor) lintas sektor bersama para camat se-Kota Kupang, dalam rangka percepatan pelayanan hak sipil atau administrasi kependudukan (Adminduk).

Rakor tersebut dipimpin langsung Asisten I Setda Kota Kupang, Agus Ririmase dengan didampingi Plt.Kadispenduk Kota Kupang, Angela Timo Inya beserta kepala bidang Disduk, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Dinas Pendidikan berserta para Camat, bertempat di ruang rapat Disduk Kota Kupang, Kamis (11/11).

Asisten I Setda Kota Kupang, Agus Ririmase, dalam sambutannya mengatakan dalam pelaksanaan pelayanan perekaman adminduk tentunya tidak dapat dilakukan secara sendiri, tentunya membutuhkan kerjasama dengan semua pihak terlebih khusus para camat.

“Dalam percepatan pencetakan adminduk baik KTP elektronik maupun kartu kepemilikan/identitas anak (KIA) tentunya Disduk perlu melakukan sinergitas bersama para camat guna membantu percepatan pelayanan hak sipil atau administrasi kependudukan (Adminduk),” katanya.

Ia mengaku, Dinas Kependudukan memiliki alat perekaman, tapi tentunya tidak bisa berjalan tanpa ada dukungan dari para staf maupun pihak lain dalam.para camat dalam membantu memberikan sosialisasi kepada masyarakat dalam pentingnya adminduk.

“Diera saat ini NIK sangat dibutuhkan sebagai pintu masuk dalam memperoleh sebuah pelayanan publik.Untuk saya meminta para camat untuk bersama-sama dalam membantu Disduk untuk mensosialisasikan kepada masyarakat akan pentingnya adminduk,” harapnya.

Ia mengajak para camat untuk bersama-sama mendukung dan mensukseskan program pemerintah kota dalam pemenuhan akan adminduk bagi warga kota.”Kita lihat dengan masa kepemimpinan pak walikota wajah kota sudah berubah, maka kita juga perlu perubahan bagi warga akan pentingnya adminduk,” tutupnya.

Terpisah Plt.Kadisduk Kota Kupang, Angela Tamo Inya mengatakan, melalui kegiatan Rakor ini ada beberapa hal yang menjadi kesimpulan, dimana untuk pelayanan identitas anak Disduk membuat Whatsapp grub bersama para camat.

“Dalam berkoordinasi dalam percepat pelayanan kami membuat Whatsaap grub guna persyaratan pembuatan identitas anak dapat dikirim malului Whatsapp grub dan bisa dilakukan pencetak di Disduk nantinya,” katanya.

Selain itu juga, lanjutnya para camat diminta agar dalam berbagai kesempatan pada kegiatan selalu mensosialisasikan akan penting adminduk.

Sedangkan Camat Maulafa, Matheus A.B.H Da Costa mengatakan, dalam percepatan pelayanan adminduk, pihak kecamatan akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

“Intinya langka yang akan dilakukan oleh kami yakni pada setiap kesempatan kegiatan akan melakukan sosialisasi pentingnya adminduk. Sebab NIK sangat penting untuk mengakses berbagai hal kebutuhan pelayanan baik sekolah, maupun hal lain,” tutupnya.

Sumber: https://www.metronewsntt.com/